(0362) 21985
organisasisetda@bulelengkab.go.id
Bagian Organisasi

RAPAT ZOOM MEETING KOORDINASI TATA CARA PRESENTASI DAN WAWANCARA FINALIS TOP 99 NASIONAL KIPP 2021 KEMENPANRB

Admin organisasisetda | 22 Juni 2021 | 723 kali

Rapat Tahap Persiapan Presentasi dan Wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2021

Dilaksanakan pada Selasa, 22 Juni 2021 pukul 09.00 Wita sampai selesai bertempat di Ruang

Kerja Bagian Organisasi Setda Kab. Buleleng melalui zoom meeting.

Pembukaan rapat disampaikan oleh Ibu Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA selaku Asisten Deputi

Pelayanan Publik KemenpanRB. Pemaparan tentang Penjelasan Umum Pelaksanaan Presentasi

dan Wawancara serta Materi Penyusunan Buku Finalis Top Inovasi disampaikan oleh Vika

Zefaria. Mekanisme Presentasi dan Wawancara KIPP 2021 Melalui Video Converence

disampaikan oleh Noviana Andriana. Acara ditutup oleh Muhammad Imanuddin selaku Staf

Ahli bidang Politik dan Hukum KemenpanRB

Turut menghadiri Rapat Kepala Bagian Organisasi Setda Kab. Buleleng, Kasubbag. Pelayanan

Publik Dan Tatalaksana, Camat Tejakula, Perbekel Desa Tembok Kec.Tejakula, Analis

Tatalaksana Subbag. Pelayanan Publik Dan Tatalaksana, Pengolah Data Subbag Pelayanan

Publik dan Tatalaksana Bagian Organisasi Setda Kab. Buleleng, dan Staf Subbag Pelayanan

Publik dan Tatalaksana

Jalannya Rapat           :

1.Acara dibuka oleh Ibu Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA selaku Asisten Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenpanRB dengan ucapan terima kasih kepada peserta rapat atas kehadirannya.

2.Penjelasan tentang Mekanisme Presentasi dan Wawancara KIPP 2021 Melalui Video Converence 2021 disampaikan oleh Noviana Andriana selaku Tim Sekretariat KIPP 2021 KemenpanRB.

3.Pemaparan lebih lanjut mengenai Penjelasan Umum Pelaksanaan Presentasi dan Wawancara Serta Materi Penyusunan Buku Finalis Top Inovasi disampaikan oleh Vika Zefaria Ramalia selaku Tim Sekretariat KIPP 2021 KemenpanRB

 

 

4.Pemaparan lebih lanjut dari Ibu Vika Zefaria tentang Persiapan Presentasi dan Wawancara Finalis Top 99 Nasional KIPP 2021 KemenpanRB antara lain :

1)      Menyiapkan materi Narasi Ringkasan Inovasi dalam bentuk Ms.Word dengan ketentuan font Arial 11 dengan Spasi 1,15 dan kertas ukuran A4 sebanyak 1-3 halaman memuat unsur :

a) urgensi masalah

b) nilai kebaruan

c) impelemntasi termasuk penyesuaian saat pandemic

d) dampak (sebelum/sesudah)

e) strategi keberlanjutan

f) transferabilitas

Ringkasan dikirimkan via email ke menpan.sinovik@gmail.com

paling lambat H-2 sebelum jadwal Presentasi dan Wawancara dengan email subject : Ringkasan PW KIPP 2021 Inovasi “………” dari “Nama Instansi”

2)      Menyiapkan PPT/Slide menyajikan unsur-unsur yang sama dengan yang disajikan dalam Ringkasan Inovasi dengan memuat foto-foto kegiatan inovasi dengan jumlah slide tidak lebih dari 10 slides (belum termasuk 1 slide pembuka dan 1 slide penutup).

Paparan dikirimkan melalui email ke : menpan.sinovik@gmail.com

paling lambat sebelum jadwal Presentasi dan Wawancara,dengan

email subject : Paparan dan Video PW KIPP 2021 Inovasi “…”

dari “Nama Instansi”

3)      Menyiapkan Video dengan durasi 3-4 menit dengan wajib menambahkan logo KemenpanRB dan logo Pemkab Buleleng di sebelah kiri atas video, menyajikan Visualisasi Inovasi mulai dari masalah hingga output/outcome serta menyajikan terstimoni dari Pemangku Kepentingan yang terlibat (Kepala Daerah) dan masyarakat yang menerima inovasi

5.      Selain itu, untuk menyukseskan Program KemenpanRB untuk membuat Buku Top Inovasi, Pemerintah Daerah diwajibkan untuk :

1)      membuat Narasi Inovasi seluruh unsur yang ada dalam Ringkasan Inovasi yang dipresentasikan dibuat dalam maksimal 400 kata Bahasa Indonesia disertai 1-3 buah foto Inovasi dalam format JPEG/JPG dengan resolusi tinggi.

2)      Membuat Narasi Komentar/testimoni singkat padat dan menggugah semangat untuk berinovasi dalam pemberian pelayanan dari Menteri,Pimpinan Lembaga, Kepala Daerah dan Dirut BUMN dengan maksimal 150 kata bahasa Indonesia yang dituangkan dalam bentuk softcopy Ms.Word disertai 1 buat foto Pimpinan tertinggi (Bupati Buleleng) dalam format JPEG/JPG dengan resolusi tinggi

Narasi inovasi dan Komentar Pimpinan dikirimkan via email menpan.sinovik@gmail.com paling lambat 18 Juli 2021 dengan email subject: Narasi dan Komentar Buku KIPP 2021 Inovasi”…..” dari “Nama Instansi”

 

 

 

 

6.      Presentasi dan Wawancara via Zoom Meeting, Kec. Tejakula yang mana Proposalnya masuk finalis Top 99 Nasional KIPP 2021 mendapat jadwal pada Hari Senin, 12 Juli 2021 Pukul 11.00-11.20 WIB, dan kegiatan Geladi Bersih dilaksanakan pada H-1 hari kerja untuk persiapan sebelum wawancara dilaksanakan yakni pada hari Jumat, 9 Juli 2021 (untuk jam pelaksanaan menunggu arahan lebih lanjut dari KemenpanRB).

7.      Peserta akun zoom meeting pelaksanaan Presentasi dan Wawancara maksimal 5 akun yang terdiri dari 3 akun presenter, 1 Asisten sorot, dan 1 orang humas, dengan durasi Presentasi 7 Menit dan Wawancara 13 Menit.

8.      Acara ditutup oleh Muhammad Imanuddin selaku staf ahli bidang Politik dan Hukum

 

Kesimpulan Rapat:     Simpulan  dari  Rapat  Koordinasi Tata Cara Presentasi dan Wawancara Finalis Top 99 Nasional Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik antara lain :

1.      Guna mempersiapkan Materi Ringkasan Inovasi, PPT/Slide, Video Paparan Sinovik serta Narasi Inovasi dan Komentar Pimpinan dengan foto Kepala Daerah paling lambat H-2 sebelum jadwal Presentasi dan Wawancara dan mengirim file via email menpan.sinovik@gmail.com

2.      Agar melaksanakan koordinasi kepada Kepala Daerah dan instansi yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan Presentasi dan Wawancara Finalis Top 99 Nasional KIPP 2021.

3.      Pelaksanaan Gladi Bersih bersama Tim Sekretariat KemenpanRB dilaksanakan H-1 pada hari kerja sebelum jadwal Pelaksanaan Presentasi dan Wawancara