(0362) 21985
organisasisetda@bulelengkab.go.id
Bagian Organisasi

Kegiatan Presentasi Dan Wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Bulan Melah

Admin organisasisetda | 14 Juli 2023 | 76 kali

Kegiatan presentasi dan wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang dalam kesempatan kali ini Pemerintah Kabupaten Buleleng diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup melalui inovasi Bulan Melah "Buleleng Kelola Sampah Anorganik Melalui Bank Sampah", yang dipimpin oleh Bapak Pj. Bupati Buleleng Ir. Ketut Lihadnyana, M.M.A sebagai pemapar materi, didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.Pd, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Gede Melandrat, SP dan Direktur Bank Sampah Kaliber Ketut Budiasa sebagai inovator, pada hari Kamis, tanggal 13 Juli 2023, bertempat di Kantor BSI "Bank Sampah Induk" Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Jalan Pulau Dewata III Desa Pemaron Kabupaten Buleleng.

Pj. Bupati Buleleng menyampaikan bahwa permasalahan sampah khususnya anorganik sudah mulai dipikirkan guna meminimalisir tumpukan sampah yang salah satunya melalui inovasi Bulan Melah, selama ini kebanyakan ditemui sistem pengelolaan sampah organik menjadi pupuk namun mengesampingkan sampah anorganik untuk diolah, perlu diketahui bahwa Bulan Melah merupakan inovasi strategis dalam pengolahan sampah yang berbasis sumber. Inovasi ini dimulai dari pengolahan sampah di rumah tangga sendiri dimana anak didik peserta les tukar sampah diwajibkan membawa sampah yang akan ditimbang dan ditukarkan untuk mengikuti kegiatan les. Kegiatan ini juga secara tidak langsung mengharuskan orang tua peserta didik untuk mengumpulkan dan memilah sampah untuk nantinya dibawa oleh anak dalam kegiatan les tukar sampah.

Lebih lanjut Pj Bupati berharap agar inovasi ini bisa dikembangkan dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat khususnya di Buleleng dan tentunya dapat mengurangi limbah sampah anorganik.