(0362) 21985
organisasisetda@bulelengkab.go.id
Bagian Organisasi

PENTINGNYA KENYAMANAN DALAM BEKERJA

Admin organisasisetda | 08 Mei 2018 | 42089 kali

        Nyaman adalah kondisi dimana kita merasa diri kita dihargai, merasa aman, senang dan tidak ada beban pikiran. Kenyamanan perlu didapatkan setiap orang dalam setiap kegiatannya, karena bila tidak nyaman, sesuatu yang dikerjakan tidak akan menjadi maksimal hasilnya. Kenyamanan itulah yang sebisa mungkin diberikan pihak instansi kepada para pegawai agar pegawai merasa nyaman dan senang bekerja di instansi tersebut sehingga memberikan kinerja terbaik terhadap instansi, dengan begitu pihak instansi pula yang diuntungkan.

     Harus diakui bahwa kenyamanan bekerja merupakan salah satu faktor penting dalam suatu keberhasilan individu dan juga organisasi. Bisa di pastikan para individu yang berhasil dalam pekerjaannya pasti merasakan nyaman sehingga individu tersebut bisa melaksanakan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkannya atau bahkan melebihi ekspektasi pribadinya dan juga organisasinya. Beriringan dengan hal itu, sama halnya dengan sebuah organisasi. Organisasi yang mampu menciptakan rasa nyaman kepada para anggota organisasinya atau para pekerjanya, tentunya performance organisasinya akan jauh lebih baik.

       Sebelum mencari tahu apa yang dapat membuat kita nyaman bekerja, harus kita definisikan terlebih dahulu apa itu “nyaman bekerja” ? meskipun definisi “kenyamanan” sangatlah luas, dan juga karena semua orang tentunya berbeda dalam menilai apakah dirinya nyaman atau tidak dalam melakukan suatu pekerjaan.

          Mendefinisikan rasa nyaman bekerja berkorelasi ketika suatu perasaan antusias dan menikmati setiap proses dalam pekerjaan seberat apapun pekerjaan itu dan sebesar apapun tantangan pekerjaan itu muncul di setiap pekerjaan yang lakukan. Nyaman menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kondisi dimana seseorang merasa Enak, Aman, Sejuk, Bersih, Tenang dan Damai. Faktor yang mendukung kenyamanan adalah Keamanan dan Kepercayaan.  Arti nyaman menurut para ahli adalah bebas dari gangguan, bebas dari rasa was-was, bebas dari rasa isi dan dengki, bebas dari rasa rendah diri, bebas dari rasa sombong, merasa cukup dengan yang ada dihadapannya, tidak merasa kurang dengan apa yang telah diterima.

      Ada begitu banyak cara agar suasana nyaman dapat diciptakan di dalam sebuah pekerjaan contohnya adalah dengan membangun kehidupan di kantor, menikmati kegiatan kerja, bagi waktu untuk kepentingan diri sendiri, lebih fleksibel, mencoba jujur, jangan mengeluh, bercanda di kantor, isi waktu luang dengan hal yang bermanfaat, dan nikmati kisah-kisah di kantor.(ks)