(0362) 21985
organisasisetda@bulelengkab.go.id
Bagian Organisasi

New Normal di Sektor Pariwisata

Admin organisasisetda | 23 Juli 2020 | 3061 kali

 Ekonomi sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih pasca pandemi ini tetapi ada juga yang meyakini ekonomi pariwisata optimis bangkit untuk memulihkan perekonomian Indonesia saat new normal. Dibukanya objek wisata di beberapa daerah diharapkan diikuti bangkitnya optimisme karena roda perekonomian kembali berputar

Dalam hal ini perubahan tren di sektor pariwisata akan bergeser ke alternatif liburan yang tidak banyak orang, disebut dengan solo travel tour atau virtual tourism untuk menghindari kerumunan banyak orang. Perlunya dilakukan banyak inovasi oleh para pelaku ekonomi sektor pariwisata.

Kenormalan baru sektor pariwisata dalam protokol keamaan dan kesehatan :

1. Mengatur Jam Pelayanan

Sebelum pandemi Covid-19, pelayanan di industri pariwisata berlangsung non-stop, sepanjang hari dan tujuh hari. Di masa new normal, harus ada jeda waktu libur bagi tenaga kerja.

2. Cafe dan Restaurant wajib tutup sehari dalam seminggu

Hal ini bertujuan untuk membersihkan tempat kerja dan ruang layanan mereka, serta memastikan pengaturan limbah makanan telah tertangani dengan baik. Pengelola destinasi wisata juga harus berhenti beroperasi misalkan dua hari dalam seminggu untuk mengevaluasi kebersihan dan kesehatan petugasnya.

3. Akomodasi

Jika sebelum Covid-19 wisatawan memilih akomodasi dengan harga kompetitif, pada masa new normal bisa memilih akomodasi yang menawarkan kebersihan, kesehatan, dan keamanan.

4. Pengaturan atraksi wisata

Pengelola destinasi wisata yang hendak menggelar atraksi berupa pertunjukan atau lomba harus memastikan kapasitas pengunjung. Dipastikan pengunjung harus tetap berjaga jarak dan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Semoga era new normal ini dapat memberikan perubahan. Era new normal saat ini bukan berarti kita pada fase telah selesai dari pandemi ini. Roda sosial dan Ekonomi harus kembali bergerak, kita harus memulihkan Ekonomi Indonesia dan tetap menjaga kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

sumber : https://www.suara.com/yoursay/2020/06/22/093545/new-normal-sektor-pariwisata-dan-bagaimana-protokol-keamaan-dan-kesehatan?page=all