(0362) 21985
organisasisetda@bulelengkab.go.id
Bagian Organisasi

KUBU HOBBIT DI DESA BALI AGA

Admin organisasisetda | 12 Juni 2017 | 2459 kali

Mungkin sudah sejak lama beberapa desa Bali Aga yang ada di Buleleng sedang membangun desa dan mempersiapkan beberapa objek wisata baru disana.Sebenarnya ada beberapa objek wisata baru yang ada disana seperti Rumah Tradisional Sidatapa (Bale Gajah Tumpang Salu), Tukad Langkeng Forest Cempaga, Kerajinan Bambu di Tigawasa dan rumah adatnya, rumah adat pedawa , ketungan Banyusri dan yang paling bikin penasaran mungkin Kubu Hobbit / Kopi Moola Pedawa. 

Sedikit informasi lima desa bali aga yang terdapat di Buleleng tersebut disingkat menjadi SCTPB atau sidatapa, cempaga, tigawasa, pedawa, dan banyusri. Kelima desa tersebut merupakan gugusan desa bali aga yang ada di Kec.Banjar Kab.Buleleng. Kali ini kita akan ke Kubu Hobbit yang ada di Dusun Asah Desa Pedawa yang berdiri di lahan perkebunan milik Bapak Ketut Sudi Harta. Pembangunan Kubu Hobbit ini awalanya hanya untuk menutup tempat penampungan air bersih untuk dipakai setiap hari. Namun Setelah jadi Kubu Hobbit ini terlihat unik dan sepertinya menarik.

Bahan - bahan untuk membangun Kubu Hobbit ini adalah kayu - kayu yang sudah tidak dipakai, ada kayu tanaman kopi yang sudah kering serta papan - papan bekas dans etelah disusun sedemikian rupa maka jadilah kubu hobbit yang benar - benar mirip dengan rumah kurcaci yang ada di film dan berada di New Zealand.

Saat ini kubu hobbit sudah dibuka untuk umum. Bagi kamu yang suka wisata unik dan menarik dan juga suka berselfi maka kubu hobbit di pedawa ini menjadi pilihan alternatif untuk tempat wisata baru. Selain itu di kubu Hobbit juga ada tempat minum kopi khas pedawa yakni kopi Moola, saat meminum kopi dilengkapi dengan gula merah, kue khas pedawa dana da juga jaje sengarit yang terbuat dari ketela.