(0362) 21985
organisasisetda@bulelengkab.go.id
Bagian Organisasi

STOP BUDAYA MINTA TOLONG JALUR “ORANG DALAM”

Admin organisasisetda | 17 Mei 2023 | 196 kali

STOP BUDAYA MINTA TOLONG JALUR “ORANG DALAM”

 

Oleh : Desak Putu Suastini

           

Hanya dengan membaca judulnya saja, saya yakin kita pasti sepemikiran tentang apa yang akan saya bahas ditulisan ini. Tapi ditulisan ini saya batasi hal yang akan kita bahas, minta tolong disini bukan menggunakan uang.Oke?? jadi MINTA TOLONG JALUR “ORANG DALAM”yang saya maksud disini adalah meminta tolong dalam pengurusan dokumen apapun itu melalui orang dalam.

Saya yakin Sebagian besar dari kita pernah mengalami, menemukan atau bahkan melakukan hal yang seperti ini meminta tolong pada orang dalam yang kita kenal entah itu teman atau saudara. Bahkan untuk hal terkecil sekalipun, contoh periksa ke dokter (ini yang beberapa kali saya alami) jadi hal pertama yang saya lakukan adalah mendaftar setelah mendapat nomor antrian (nomor satu)  lalu saya menunggu, pada saat menunggu datanglah seorang perawat dengan mengajak seseorang yang saya ketahui sebagai keluarganya, tanpa menunggu mereka langsung masuk sementara saya menunggu berjam-jam sampai dokternya datang padahal saya mendapat nomor antrian satu.

Pengalaman lainnya saya mengurus dokumen kependudukan, berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan tanpa menyusahkan masyarakat untuk datang langsung karena sekarang sudah menggunakan system yang bisa diakses dimanapun menggunakan Hp tapi masih ada juga masyarakat yang memilih untuk meminta tolong “teman” untuk membantu mengurus dokumen kependudukannya dengan alasan “tidak mengerti”.

Itu hanya contoh kecil yang saya alami dan saya temukan disekitar, menurut saya upaya apapun yang dilakukan oleh Pemerintah untuk memperbaiki pelayanan public menjadi tidak ada artinya bila Sebagian besar masih melakukan praktik seperti itu. Sebenarnya hal ini merugikan diri sendiri, secara tidak langsung kita menganggap semua mudah dengan meminta tolong sehingga membuat kita jadi tidak mandiri. Kita akan kalah dengan Negara lain yang masyarakatnya mandiri.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal seperti ini? biasakan untuk berusaha sendiri, semua hal pasti bisa bila dipelajari. Ubah mindset diri, dan berpikirlah “bila suatu hari nanti teman atau saudara kita tidak bisa membantu lagi, siapa yang akan membantu kita kalau tidak diri sendiri.?” UBAH MINDSET JALUR ORANG DALAM, YUKSS LEBIH MANDIRI

 

image source : utaratimes