(0362) 21985
organisasisetda@bulelengkab.go.id
Bagian Organisasi

TIPS MUDIK LEBARAN

Admin organisasisetda | 25 April 2022 | 36 kali

Kabar baik untuk masyarakat yang ingin mudik pada tahun ini karena mudik Lebaran tahun 2022 akan diizinkan oleh pemerintah dengan syarat salah satunya sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster, serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Izin mudik tahun ini merupakan pertama kalinya sejak pandemi COVID-19 melanda pada tahun 2020 terakhir. Agar perjalanan nyaman dan aman sampai tujuan perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Vaksin Primer Lengkap dan Booster

Pastikan telah memperoleh vaksin primer lengkap dan menerima vaksin booster sebelum mudik Lebaran. Aturan yang berlaku saat ini vaksin booster baru ditunjukkan bagi orang dewasa yang berusia 18 ke atas dan lansia. Bagi remaja dan anak-anak saat ini baru bisa memperoleh vaksin primer dosis 1 dan 2. Pastikan membawa serta sertifikat vaksin selama perjalanan.

2. Cek Fungsi dan Keamanan Kendaraan

Lakukan cek fungsi dan kemanan kendaraan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi prima sebelum menempuh perjalanan jauh. Pastikan seluruh komponen kendaraan seperti oli, filter udara, aki, roda, rem, dan sebagainya dalam kondisi baik.

3. Mulai Perjalanan Setelah Buka Puasa

Praktisi klinis dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Fahrial Syam menyebutkan bahwa mudik di malam hari merupakan pilihan yang tepat. Hal ini karena suhu udara yang lebih dingin dan jalanan yang lebih lengang. Kendati demikian, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan cukup istirahat di siang hari untuk mencegah kantuk selama perjalanan.

4. Cek Kesehatan Sebelum Berangkat

Bagi pemudik lansia, ibu hamil, dan penderita penyakit kronis direkomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter sebelum melakukan perjalanan jauh. Ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kesehatan kelompok rentan. Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat pendarahan atau kontraksi dini memerlukan perhatian khusus dan rekomendasi dari dokter terkait perjalanan.

5. Bawa Obat-obatan dan Pakaian Hangat

Bagi pemudik yang memiliki penyakit kronis harus memastikan tidak meninggalkan obat-obatan selama perjalanan jauh. Membawa pakaian hangat juga sangat disarankan bagi para pemudik. Ketika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum suhu udara di dalam maupun luar kendaraan bisa jadi sangat dingin. Suhu yang terlalu dingin dapat mengurangi kenyamanan perjalanan. 


sumber: tirto.id