(0362) 21985 organisasisetda@bulelengkab.go.id
Bagian Organisasi
KOMPETISI INOVASI PELAYANAN PUBLIK 2021 RESMI DI LAUNCHING. SIMAK PERBEDAAN SINOVIK TAHUN 2021 DENGAN TAHUN SEBELUMNYA
Admin organisasisetda | 22 Maret 2021 | Dibaca 396 kali

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PANRB) menyelenggarakan Launching Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021 melalui daring Zoom dan Kanal Youtube. Namun, terdapat beberapa perbedaan dari pelaksanaan ajang tahunan ini. Salah satunya dalam hal kategori inovasi. 

 

"KIPP 2021 memiliki beberapa kategori, dimana diantaranya adalah kategori yang sama dengan tahun sebelumnya dan namun ada satu kategori baru yaitu kategori penegakan hukum," ujar Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat ditemui usai Launching KIPP 2021 yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (17/03).

Perbedaan lainnya adalah pada persyaratan pengajuan inovasi. Selain harus memenuhi seluruh kriteria dan tema KIPP tahun ini, inovasi yang diajukan harus telah diimplementasikan selama minimal dua tahun untuk kelompok umum dan khusus, serta satu tahun untuk kelompok replikasi.

Selain itu, perbedaan syarat Proposal Inovasi tahun ini dengan tahun sebelumnya ialah, inovasi tersebut harus memiliki kaitan yang relevan dengan tatanan kehidupan era baru dimana sejak 2020,situasi dunia terdampak pandemic covid-19 sehingga bagaimana inovasi tersebut dapat tetap berkembang dalam menghadapi pandemic covid-19.

Selanjutnya adalah terkait pelaksanaan seleksi awal. Pada KIPP tahun sebelumnya, seluruh inovasi dapat diajukan pada KIPP. Tahun ini dilakukan pembatasan proposal yang diajukan, sehingga tiap instansi diimbau untuk melakukan seleksi awal di lingkungan internal instansi masing-masing dengan harapan inovasi yang diajukan adalah inovasi terbaik yang dimiliki oleh tiap instansi. Jumlah maksimal inovasi yang bisa diajukan oleh tiap instansi adalah sepuluh inovasi untuk kelompok umum, dan lima inovasi untuk kelompok replikasi.

Adanya KIPP ini diharapkan emakin memacu instansi penyelenggara pelayanan publik untuk menghasilkan inovasi yang mumpuni.

 

Share Berita Ini :