Kabar Baik Soal Pengembangan Vaksin Covid-19 di Indonesia

  • Admin Organisasisetda
  • 12 Agustus 2020
  • Dibaca: 33 Pengunjung

Berikut 3 hal seputar pengembangan vaksin corona di Indonesia:

1. Vaksin Bisa Diberikan ke Masyarakat Januari 2021

Vaksin Covid-19 asal China saat ini sudah memasuki tahap uji klinis fase III. Jokowi berharap uji klinis tersebut dapat selesai dalam waktu enam bulan sehingga vaksin corona dapat dapat segera diproduksi dan disuntikkan ke masyarakat pada Januari 2021.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyaksikan pelaksanaan penyuntikan calon vaksin di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Selasa 11 Agustus 2020. Dimulainya tahap uji klinis fase III ini ditandai dengan penyuntikan kepada 1.620 relawan.

 "Kita harapkan nanti di bulan, insya Allah, di bulan Januari kita sudah bisa memproduksi dan sekaligus juga kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air," kata Jokowi di lokasi.

Jika nantinya dalam tahap uji klinis fase III tidak ada efek samping, maka produksi massal di dalam negeri akan dilakukan PT Bio Farma. Jokowi menyebut Bio Farma mampu memproduksi hingga 250 juta vaksin per tahun.

"Nantinya di akhir tahun 2020, di bulan Desember sudah meningkat menjadi 250 juta vaksin. Artinya, vaksin inilah nanti yang akan digunakan untuk vaksinasi di Tanah Air," jelasnya.

sumber : https://www.liputan6.com/news/read/4328741/3-kabar-baik-soal-pengembangan-vaksin-covid-19-di-indonesia

Share Post :